Recent Posts

Pengumuman Lomba Cipta Karya Maskot & Jingle Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Soppeng Tahun 2015

Setelah melewati tahapan penerimaan berkas oleh panitia dan penjurian oleh tim juri, maka sesuai jadwal tanggal 2 Agustus 2015 diumumkan pemenang Lomba Cipta Karya Maskot dan Jingle dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Soppeng Tahun 2015. Kedua kategori yang diperlombakan masing – masing terdiri atas 3 (tiga) pemenang dan diumumkan dengan pengumuman Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Soppeng Nomor 190/Pilbup/KPU-Kab-025.433340/VIII/2015.

Selengkapnya silahkan unduh pada link ini :

KPU SOPPENG LAKSANAKAN BIMTEK PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH


 

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Soppeng Tahun 2015 yang akan digelar 9 Desember 2015 mendatang telah memasuki tahapan pemutakhiran data pemilih. Sebagai kegiatan pertama tahapan pemutakhiran data pemilih, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Soppeng melaksanakan Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data Pemilih yang berlangsung selama 2 (dua) hari yakni Senin 15 Juni 2015 dan Selasa 16 Juni 2015.

Pelaksanaan bimbingan teknis hari pertama dihadiri oleh 5 (lima) orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 8 (delapan) Kecamatan yang ada di Kabupaten Soppeng, dan 1 (satu) orang staf sekretariat pengelola data pemilih dari setiap kecamatan, sehingga total peserta yang hadir pada hari pertama sebanyak 48 orang. Sementara itu, hari kedua hanya dihadiri oleh 16 orang yang terdiri dari 1 (satu) orang anggota PPK yang membidangi data pemilih dari 8 (delapan) kecamatan dan 1 (satu) orang staf sekretariat pengelola data pemilih di kecamatan.

Pada hari pertama Muhammad Hasbi, S.Sos., M.Si, komisioner KPU Kabupaten Soppeng sebagai Divisi Program dan Data sekaligus sebagai penanggungjawab data pemilih, memberikan materi diantaranya proses jadwal dan tahapan pemutakhiran data dan daftar pemilih, identitas kelompok segmen pemilih dan uraian tugas PPK serta pengelola data pemilih. Penyampaian materi dilakukan dengan metode ceramah, Tanya jawab, simulasi, studi kasus dan diskusi kelompok dengan menggunakan waktu selama 7 jam.

Bimtek hari kedua Muhammad Hasbi, S.Sos., M.Si dibantu oleh fasilitator data pemilih (operator) dalam menyampaikan materinya. Muhammad Reza Hidayat, S.Sos sebagai fasilitator dan sekaligus sebagai operator pemutakhiran data pemilih di KPU Kabupaten Soppeng membantu Muhammad Hasbi, S.Sos., M.Si membawakan beberapa materi diantaranya pengenalan jenis- jenis formulir data pemilih, tata cara pengisian formulir data pemilih serta dasar- dasar teknologi informasi dalam pemutakhiran data pemilih. Metode bimtek hari kedua hampir sama dengan hari pertama yaitu ceramah, Tanya jawab dan simulasi.

 

Penyerahan Berkas Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Soppeng Tahun 2015

 

 

Senin 15 Juni 2015 adalah batas akhir penyerahan dan penerimaan dokumen dukungan pasangan bakal calon perseorangan yang dimulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 16.00 WITA. Jumlah pasangan bakal calon yang menyerahkan berkas dukungan di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Soppeng di hari terakhir sebanyak 2 (dua) pasangan bakal calon, yaitu :

1. Pasangan Bakal Calon atas nama H.A. Kaharuddin berpasangan H.A. Kastahar

2. Pasangan Bakal calon atas nama DR. A. Nurlinda,S.KM., M.Kes berpasangan Muhammad Akhsan

 

Pasangan bakal calon H.A. Kaharuddin berpasangan dengan H.A. Kastahar menyerahkan berkas melalui tim suksesnya Ir. Anwar yang tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Soppeng pada pukul 11.30 WITA dengan jumlah dukungan setelah diverifikasi sebanyak 22.392 (dua puluh dua ribu tiga ratus sembilan puluh dua) dukungan yang tersebar di 8 (delapan) Kecamatan atau 100 persen jumlah kecamatan. Berkas dukungan yang diterima oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Soppeng dituangkan dalam Berita Acara Nomor 21/BA.PILBUP/KPU-SP/VI/2015.

Selanjutnya pada pukul 15.30 WITA Pasangan Bakal Calon atas nama DR. A. Nurlinda, S.KM., M.Kes berpasangan dengan Muhammad Akhsan bersama tim suksesnya Herwan, SH menyerahkan dukungan kepada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Soppeng, namun dokumen dukungan yang diserahkan tidak sesuai dengan persyaratan yang tertera pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Pasal 15 ayat (5) bahwa Pasangan calon perseorangan menyerahkan 1 (satu) rangkap asli dan 2 (dua) rangkap salinan kepada KPU Kabupaten/Kota, 1 (satu) rangkap salinan diserahkan kepada PPS melalui PPK, 1 (satu) rangkap salinan sebagai arsip Pasangan Calon setelah memperoleh pengesahan KPU Kabupaten/Kota dengan membubuhkan paraf dan cap basah, sehingga tidak dilakukan verifikasi lebih lanjut.

Sementara itu, pasangan bakal calon yang bersangkutan hanya menyerahkan satu rangkap salinan di hari akhir penyerahan berkas sehingga tidak ada lagi waktu untuk memperbaiki dokumen dukungan karena tanggal 15 Juni 2015 pukul 16.00 WITA adalah batas akhir penyerahan dokumen maupun perbaikan dokumen, hal ini tertuang dalam Pasal 15 Ayat (6) Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 9 tahun 2015 bahwa Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota mengembalikan dokumen dukungan untuk diperbaiki dalam masa penyerahan dokumen dukungan. Dengan demikian, dokumen dukungan pasangan bakal calon tersebut tidak dapat diterima oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Soppeng karena telah melewati batas waktu perbaikan penyerahan dukungan sebagaimana tertuang dalam Berita Acara Nomor 22/BA-PILPBUP/KPU-SP/VI/2015.

Untuk tahapan selanjutnya Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Soppeng akan melakukan Verifikasi Administrasi berkas dukungan Calon perseorangan H.A Kaharuddin – H.A. Kastahar yang akan berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 16 – 18 Juni 2015. Setelah verifikasi administrasi selesai maka akan dilanjutkan dengan verifikasi administrasi dan faktual yang dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) se- Kabupaten Soppeng. Kita tunggu Hasil dari Verifikasi Faktual…

 

Tahapan Penyerahan Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Soppeng Tahun 2015

 

 

Memasuki tahapan masa penyerahan dukungan Pasangan Calon Perseorangan mulai tanggal 11 Juni sampai 15 Juni 2015, tim sukses salah satu Pasangan Calon atas nama Andi Kaharuddin mengunjungi kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Soppeng pada hari Kamis 11 Juni 2015. Kedatangan tim sukses pasangan calon pada masa tahapan penyerahan berkas dukungan Calon Perseorangan bukan untuk menyerahkan berkas dukungan melainkan masih berkonsultasi mengenai penggunaan aplikasi pencalonan dan teknis penulisan atau penginputan termasuk lembar terakhir tentang tanda tangan pasangan calon dan materei yang dipergunakan.

Dalam Konsultasi yang berlangsung kurang lebih satu jam tersebut, komisioner KPU Kabupaten Soppeng dalam hal ini Asniati Muin, S.IP.,M.Si selaku Divisi Teknis dan Penanggungjawab padaTahapan Pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Soppeng Tahun 2015 memberikan penjelasan terkait pertanyaan yang diajukan oleh tim sukses Pasangan Calon Perseorangan Andi Kaharuddin.

Sebelum meninggalkan Aula Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Soppeng, tim sukses Andi Kaharuddin menyatakan bahwa pihaknya melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum menyerahkan berkas dukungan calon perseorangan yang tahapan penyerahan dukungan akan berakhir Senin 15 Juni 2015 mendatang.

 

Pengumuman Pemantau Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Soppeng Tahun 2015

Dalam rangka pemantauan Tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Soppeng Tahun 2015, maka diumumkan kepada seluruh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau stakeholder Pemilu lingkup Kabupaten Soppeng yang ingin melakukan pemantauan dapat mendaftarkan diri mulai tanggal 1 Mei 2015 sampai dengan 2 November 2015  yang dituangkan dalam Pengumuman Nomor : 082/PILBUP/KPU-SP/V/2015, dengan syarat – syarat sebagai berikut :

1. Bersifat Independen

2. Mempunyai sumber dana yang jelas;

3. Terdaftar dan memperoleh akreditasi dari KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota sesuai dengan cakupan wilayah pemantauannya

Pendaftaran dan pemberian akreditasi dan syarat – syarat kelengkapan lainnya dapat menghubungi Sekretariat KPU Kabupaten Soppeng, Jalan Salotungo Watansoppeng di nomer telepon : (0484) 23495

adapun Pedoman Pelaksanaan Pemanatuan Serta Syarat- Syarat Menjadi Pemantau Untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Soppeng tahun 2015 dapat diunduh pada link dibawah ini :

http://downloads.ziddu.com/download/24538366/milihan-Bupati-dan-Wakil-Bupati-Soppeng-Tahun-2015.pdf.html

Tahapan Pencalonan Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Soppeng Tahun 2015

 

Memasuki tahapan pencalonan dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Soppeng Tahun 2015, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Soppeng melakukan persiapan untuk proses pencalonan yang dimulai dengan melaksanakan Rapat Koordinasi dengan Komisioner KPU, Sekretaris dan seluruh Kepala Sub Bagian yang berlangsung pada hari Sabtu 23 Mei 2015 di Aula KPU Kabupaten Soppeng.

Berdasarkan hasil rapat koordinasi internal tersebut dihasilkan keputusan untuk segera menerbitkan pengumuman tentang Jadwal Penyerahan Dukungan Bakal Calon Perseorangan mulai tanggal 11 sampai dengan 15 Juni 2015 dari jam 08.00 hingga 16.00 WITA di KPU Kabupaten Soppeng Jalan Salotungo. Pengumuman tersebut disebarluaskan melalui media cetak dan papan pengumuman serta bisa diunduh di website resmi milik KPU Kabupaten Soppeng (www.kpud-soppengkab.go.id).

Setelah pengumuman jadwal bakal calon Perseorangan terpublikasikan,maka pada hari Senin 25 Mei 2015 perwakilan 2 (dua) Tim Pasangan Calon atas nama H.A. Kaharuddin dan Dr. A. Nurlinda SKM, M.Kes mengunjungi Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Soppeng untuk berkonsultasi dan berkoordinasi dengan komisioner KPU Kabupaten Soppeng .

Komisioner KPU Kabupaten Soppeng Asniati Muin, S.IP., M.Si selaku penanggungjawab Divisi Teknis menjelaskan materi dan petunjuk penggunaan aplikasi pencalonan untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2015 sesuai dengan materi yang diperoleh dari pelatihan pada tanggal 20 – 22 Mei 2015 di Novotel Hotel Jalan Gunung Sahari Jakarta.

Selanjutnya, KPU Kabupaten Soppeng akan melakukan Rapat Koordinasi dengan Partai Politik se- Kabupaten Soppeng, Tim Pasangan Calon Perseorangan, para Anggota Muspida, Kepala Badan KesbangPol dan Linmas Kabupaten Soppeng, Kepala Bagian Administrasi Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Kabupaten Soppeng terkait dengan penjelasan tentang Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 9 tahun 2015 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Dan/Atau Walikota dan Wakil Walikota yang dijadwalkan pada hari Rabu, 27 Mei 2015 bertempat di Aula Kantor KPU Kabupaten Soppeng.

 

Penandatanganan “MoU” antara KPU Kab. Soppeng Dengan Kepolisian Resort Soppeng

 

Setelah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman dengan Kejaksaan Negeri Soppeng, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Soppeng juga melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Kepolisian Resort Soppeng Nomor 61/PILBUP/KPU-SOP/V/2015 dan Nomor B/829/V/2015 tentang Pengamanan dan Pendampingan Pelaksanaan Tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Soppeng Tahun 2015.

Penandatangan Nota Kesepahaman berlangsung pada hari Jumat tanggal 22 Mei 2015 yang dihadiri oleh Bupati Soppeng,Para Anggota Musyawarah Pimpinan Daerah Kabupaten Soppeng, Komisioner KPU Kabupaten Soppeng, Anggota Panwaslu Kab. Soppeng, Jajaran Kepolisian Resort Soppeng, Ketua PPK se- Kabupaten Soppeng dan staf Sekretariat KPU Kabupaten Soppeng bertempat di Café Favorite Pool Jalan Kemakmuran Watansoppeng. Maksud dan Tujuan penandatanganan Nota Kesepahaman antara KPU Kabupaten Soppeng dan Kepolisian Resort Soppeng adalah untuk mewujudkan kerjasama antara kedua belah pihak dalam rangka penyelenggaraan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2015 secara serentak, terpadu dan terkoordinasi.

Adapun ruang lingkup Nota Kesepahaman antara KPU Kabupaten Soppeng dengan Kepolisian Resort Soppeng meliputi pengamanan, penegakan hukum dan sosialisasi. Pengamanan mencakup Tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Soppeng tahun 2015, pengamanan terhadap kantor, asset lainnya dan personil KPU Kabupaten/Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK),Panitia Pemungutan Suara (PPS),Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Tempat Pemungutan Suara (TPS), pengamanan terhadap proses pencetakan, pembuatan, penyimpanan dan distribusi surat suara, tinta, segel, serta kelengkapan administrasi surat suara ke tempat tujuan, serta melaksanakan pengamanan terhadap pergerakan pengiriman hasil penghitungan suara dari TPS sampai tingkat KPU Kabupaten.

Untuk penegakan hukum, KPU Kabupaten Soppeng disamping melaporkan kepada Panwaslu juga berkewajiban memberikan informasi kepada Kepolisian Resort Soppeng untuk segera melakukan penyelidikan dan menindaklanjuti sesuai dengan proses hukum yang berlaku. Ruang lingkup ketiga yaitu sosialisasi dengan sasaran anggota Polres Soppeng dan jajarannya, KPU Kabupaten, PPK, PPS, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan KPPS dengan tujuan untuk memperdalam pengertian dan pemahaman tentang Nota kesepahaman dan ketentuan peraturan perundang- undangan yang terkait dengan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Soppeng Tahun 2015.

 

Pelantikan PPK & PPS Dalam Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Soppeng Tahun 2015 Di Kabupaten Soppeng

 

Setelah melewati seleksi ujian tertulis dan tes wawancara pada jadwal tahapan yang sudah ditetapkan, sebanyak 40 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 8 (delapan) Kecamatan yang ada di Kabupaten Soppeng dilantik oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Soppeng. Bersamaan dengan pelantikan PPK, Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 70 desa/kelurahan juga turut dilantik. Adapun jumlah PPS yang dilantik sebanyak 207 orang, disebabkan terdapat 2 desa yang belum mencukupi 3 orang. Desa tersebut adalah Desa Belo Kecamatan Ganra masih kurang 2 (dua) orang dan Desa Leworeng Kecamatan Donri- Donri masih kekurangan 1 (satu) orang.

Prosesi pelantikan dan pembacaan sumpah PPK dan PPS dipandu oleh Amrayadi, SH selaku ketua dan disaksikan oleh Rohaniawan. Pelantikan yang berlangsung pada hari senin 18 Mei 2015 di Aula Gedung Pertemuan Masyarakat Kabupaten Soppeng dimulai pada pukul 13.30 WITA dan dihadiri oleh Asisten III bidang Administrasi yang mewakili Bupati Soppeng, Ketua DPRD Kabupaten Soppeng, para Anggota Musyawarah Pimpinan Daerah Kabupaten Soppeng, Ketua dan Anggota Panwaslu Kabupaten Soppeng, Camat dan Lurah Se- Kabupaten Soppeng serta undangan lainnya.

Dalam acara Pelantikan tersebut dilakukan pula penandatangan Surat Keputusan Panitia Pemiilihan Kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara yang secara simbolis diwakili oleh Jumari Tabi, S.Pd., M.Pd Panitia Pemilihan Kecamatan Lilirilau dan Winarsih, S.Sos Panitia Pemungutan Suara Desa Lalabata Riaja Kecamatan Donri- Donri. Setelah acara pelantikan usai, barulah seluruh PPK dan PPS melakukan penandatangan berita acara pelantikan dan pengangkatan sumpah serta pembagian Surat Keputusan Pengangkatan kepada seluruh PPK.

Untuk 2 (dua) Desa yang masih kekurangan jumlah PPS, maka pada hari Jumat 22 Mei 2015 telah dilakukan pelantikan susulan setelah mengikuti tes wawancara dan ditetapkan dengan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Soppeng Nomor 14/Skep-Pilbup/KPU-SP/V/2015 tentang Penetapan Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Belo dan Desa Leworeng Dalam Rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Soppeng Tahun 2015.

 

Penetapan Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Belo Dan Desa Leworeng Dalam Rangka Pemilhan Bupati Dan Wakil Bupati Soppeng Tahun 2015

Surat Keputusan ini dibuat untuk menetapkan 2 (dua) orang anggota PPS Desa Belo Kecamatan Ganra dan  1 (satu) orang PPS Desa Leworeng Kecamatan Donri- Donri Kabupaten Soppeng yang ditetapkan di Watansoppeng tanggal 22 Mei 2015. selengkapnya, Surat Keputusan penetapan PPS dimaksud bisa diunduh pada link berikut :

http://downloads.ziddu.com/download/24524346/SK-PPS.pdf.html

Pengumuman Penyerahan Dukungan Bakal Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Soppeng Tahun 2015

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Soppeng mengumumkan Jadwal Penyerahan Dukungan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Soppeng Tahun 2015 dengan beberapa ketentuan diantaranya syarat dukungan Calon Perseorangan paling sedikit 21.335 (dua puluh satu ribu tiga ratus tiga puluh lima) pemilih yang tersebar pada lebih dari 4 (empat) Kecamatan di Kabupaten Soppeng. selanjutnya, penyerahan dokumen Dukungan Calon Perseorangan akan dimulai pada 11 – 15 Juni 2015. informasi lebih lanjut bisa dlihat pada lembar pengumuman yang bisa diunduh pada link dibawah ini.

http://downloads.ziddu.com/download/24524337/pengumuman-pencalonan-perseorangan.pdf.html